Wednesday, September 28, 2011

Sushi

          Sushi.. pertama kali denger denger dan tau tentang sushi, pasti mikir itu makanan gak enak, menjijikan, gak sehat, dan lainnya.. soalnya sushi itu dibuat dari ikan(bahan) mentah...
padahal, itu salah besaaaar! sushi itu termasuk ke dalam makanan yang sehat lhoo.. dan rasanya juga enaaak banget.. dan disajikan dengan cantik banget, jadi gak ada kesan menjijikan..
Sushi yang berasal dari Jepang itu, kadang suke ketuker dengan Sashimi yaa. banyak orang mengira kalo Sushi itu adalah daging ikan mentah doang.. padahal, yang namanya Sushi itu yang ada nasinya.. kalo yang cuma ikan mentah doang, namanya Sashimi...
          Menurut Wikipedia, Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut,dagingsayuran mentah atau sudah dimasak.
jadi, udah jelas kaan, kalo Sushi itu, nasi yang digulung bareng lauknyaa.


Modelnya Sushi itu juga beda-beda lhoo..
1. Nigiri
Bola nasi kecil dengan ikan, kerang, dan lain-lain di atasnya. Nigirizushi terdapat banyak macamnya yang tak terhitung jumlahnya, beberapa yang paling umum adalah ikan tuna, udang, belut,cumi, gurita dan telur goreng.


2. Gunkan
Terbuat dari beras khusus untuk sushi dan rumput laut kering diisi dengan seafood, dll. Jumlah macamnya gunkanzushi tidak terhingga, beberapa yang paling umum adalah landak laut dan berbagai jenis telur ikan.


3. Norimaki 
Nasi khusus untuk sushi dan makanan laut, dll digulung dalam lembaran rumput laut kering. Ada varietas yang tak terhitung jumlahnya sushi rolls yang berbeda dalam bahan dan ketebalan. Sushi rolls yang dibuat dengan lembaran ruput laut keringnya berada di dalam atau biasa disebut "inside-out" sangat populer di Jepang, tetapi jarang ditemukan di Jepang.


4. Temaki
Temakizushi (secara harfiah: gulungan tangan) adalah kerucut terbuat dari rumput laut nori dan diisi dengan nasi sushi, makanan laut dan sayuran.




Hemmm, ngeliatnya ajaa, pastinya udah ngiler... langsung aja cobain! hahaaa... hemhemm...yummy! jadi kepengen...



No comments:

Post a Comment