Sunday, July 10, 2011

Kreatif


 
Setiap manusia pasti punya sisi kreatif. Hanya saja, itu perlu di asah dan dikembangkan agar kreatifitas itu menghasilkan sesuatu..
Hem, ini ada ciri-ciri Kepribadian Kreatif menurut Csikszentmihalyi :

1. Pribadi kreatif mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka dapat bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi mereka juga bisa tenang dan rileks, tergantung situasinya.

2. Pribadi kreatif adalah cerdas dan cerdik tetapi pada saat yang sama mereka juga naif. Mereka nampak memilliki kebijaksanaan tetapi kelihatan seperti anak-anak. Insight mendalam nampak bersamaan dalam ketidakmatangan emosional dan mental.
3. Mampu berfikir konvergen sekaligus divergen.

4. Ciri paradoksal ketiga berkaitan dengan kombinasi sikap bermain dan disiplin.

5. Pribadi kreatif dapat berselang-seling antara imajinasi dan fantasi, namun tetap bertumpu pada realitas. Keduanya diperlukan untuk dapat melepaskan diri dari kekinian tanpa kehilangan sentuhan masa lalu. 

6. Pribadi kreatif menunjukkan kecenderungan baik introversi maupun ekstroversi.

7. Orang kreatif dapat bersikap rendah diri dan bangga akan karyanya pada saat yang sama

8. Pribadi kreatif  menunjukkan kecenderungan androgini psikologis, yaitu mereka dapat melepaskan diri dari stereotip gender (maskulin-feminin)

9. Orang kreatif cenderung mandiri bahkan suka menentang bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat obyektif dalam penilaian  karya mereka.

10. Sikap keterbukaan dan sensitivitas orang kreatif sering menderita, jika mendapat banyak kritik dan serangan, tetapi pada saat yang sama ia merasa gembira yang luar biasa.

yaa, itulah ciri-ciri orang yang kreatif.. semoga kita adalah termasuk orang yang kreatif yaa...

No comments:

Post a Comment